Tracking Menyusuri Hutan Mangrove Pandansari, Brebes

Hutan mangrove pandansari adalah kawasan hutan mangrove yang terletak di dukuh pandansari, desa kaliwlingi, kecamatan wanasari, kabupaten brebes, jawa tengah. Luasnya kira-kira sekitar 6 hektar. Hutan mangrove ini letaknya di sebelah barat laut kota brebes atau tidak jauh dari muara sungai pemali. Hutan mangrove ini sudah dikelola oleh masyarakat setempat. Jika sedang surut, kita dapat mengunjungi pulau pasir.

Kali ini, saya dan teman-teman berkesempatan mengunjungi wisata hutan mangrove pandansari ini. Tujuannya tak lain adalah hanya sekedar mencari foto yang bagus untuk di upload di instagram ( maklum, karena waktu itu jadwal sekolah sangat padat dan tugas dari guru banyak sekali jadinya kami kehabisan stok foto untuk di upload ke ig, hehehe... ). Perjalanan ini berawal dari ajakan teman saya untuk hunting. Kamipun menyepakati untuk hunting di wisata hutan mangrove pandansari.

Rencananya, kita akan berkumpul di rumah riyan pada jam 8 pagi. Namun, karena aku bangunnya kesiangan dan sedang ada masalah, akhirnya aku pergi ke rumah riyan sekitar jam setengah 10. Sampai di rumah riyan, kami langsung berangkat menuju wisata hutan mangrove pandansari brebes.

Perjalanan dimulai dari perempatan maya atau lebih dikenal sebagai perempatan pasifik mall, tegal. Dari sini kami berbelok ke arah barat menuju brebes. Sampai di alun-alun brebes, perjalanan masih dilanjutkan dengan menyusuri jalan pantura arah ke cirebon. Baru setelah sampai di perempatan menuju sawojajar ( perempatan di sebelah barat rumah sakit bhakti asih / universitas muhadi setiabidi ) baru kita berbelok ke utara.

Setelah berbelok, lurus terus sampai melewati pasar sawojajar. Setelah melewati pasar sawojajar, pertigaan pertama baru kita berbelok ke kanan. Setelah itu lurus terus. Desa kaliwlingi ditandai dengan adanya tambak di sebelah kanan-kiri jalan. Setelah lurus melewati perkampungan desa kaliwlingi, lurus terus mengikuti jalan sampai ke gerbang masuk wisata hutan mangrove pandansari.

Masuk hutan mangrove pandansari dikenakan retribusi 15.000 plus naik perahu bolak-balik karena menuju hutan mangrove akan menggunakan perahu. Setelah membayar retribusi, kami berjalan menuju dermaga.

Perjalanan menuju hutan mangrove akan ditempuh menggunakan perahu sekitar 10-15 menit tergantung ombak. Jika ombak tenang maka perjalanan semakin cepat, begitu pula sebaliknya.

Perjalanan menuju dermaga menaiki perahu

Selfie di perahu

Setelah sampai di dermaga hutan mangrove, kami langung menyusuri hutan mangrove yang lumayan lebat itu. Jalannya sudah dibuat rapi dengan dibuatnya tatanan kayu mirip kaya dermaga.

Selfie di jembatan hutan mangrove

Pemandangan yang tersaji di dermaga hutan mangrove

Untuk menyusuri seluruh hutan mangrove diperlukan waktu 15-30 menit ( belum termasuk foto-foto ). Oh iya spot foto yang bagus disini adalah di jembatan kayu dan di gardu pandang serta beberapa di dalam hutan mangrove yang terlihat bagus. Disini terdapat 2 gardu pandang dengan ketinggian sekitar 12 m dan 14 m.

Selfie di jembatan

Selfie di atas gardu pandang pertama

Selfie dari atas gardu pandang kedua