Trekking Menyusuri Aliran Sungai DAS Kaliputih ( Curug Kaliputih dan Curug Sikunang ) dan Mendaki Bukit Sujud

Kali ini saya dan iwan akan mengeksplore aliran sungai das kaliputih sekaligus mendaki bukit sujud. Dalam trip kali ini akan menemui 3 curug dan 1 bukit. Semua di jelajahi hanya dalam waktu 1 hari.

Perjalanan dimulai hari minggu jam 08.00. Kami berangkat berdua menuju obyek wisata guci. Sebelum gerbang masuk obyek wisata guci ( bagian ticketing ) akan menemui sebuah sekolah MI. Disitu motor kami titipkan dan perjalanan pun dimulai.

Trek pertama adalah menyusuri jalan setapak di pinggir aliran sungai. Kemudian kita akan menemui jalan setapak yang menurun.

Sepanjang perjalanan menurun, kita akan disuguhi pemandangan kebun yang indah diapit oleh kedua bukit di sisinya. Setelah beberapa menit turun, ambil belokan yang mengarah ke selatan. Sebelum belokan, kita akan  menemui jembatan kecil yang terbuat dari kayu.

Selanjutnya, kita akan menyusuri aliran sungai yang jernih. Melewati bebatuan yang besar dan melawan arus sungai yang tidak begitu deras

Beberapa meter kemudian, setelah trekking sejauh 400 meter akhrnya sampai di curug sikunang. Curug sikunang ini merupakan aliran dari air panas guci yang juga searah dengan aliran curug sigeyong. Sedangkan kalau lurus maka alirannya berasal dari tuk suci yang juga searah dengan aliran curug kaliputih.

Untuk menuju curug kaliputih, Ambil jalan lurus menyusuri aliran sungai. Disarankan mengambil jalan yang berorientasi ke kanan karena apabila terlalu ke kiri maka akan terjebak oleh bebatuan yang licin

Setelah sekitar 10 menit trekking akhirnya sampai di curug kaliputih. Sebagai informasi curug kaliputih ini tidak terlalu tinggi dan aliranya tidak terlalu deras karena aliranya berasal dari tuk suci ( tuk = mata air )

Jika ingin ke bukit sujud maka kalian harus mengambil jalan setapak ke arah kanan melewati pemantang sawah. Sebagai informasi bahwa bukit sujud terletak di sebelah kanan aliran das kaliputih. Bukit ini dinamakan bukit sujud karena bentuknya mirip seseorang yang sedang sujud. masyarakat dukuh kemaron percaya bahwa di dasar bukit sujud masih ada emas peninggalan belanda. Trek menuju bukit sujud agak berat dan berdebu. Jadi persiapkan fisik dan masker untuk melindungi dari debu

Perjalanan awal bukit sujud adalah melewati pepohonan cemara yang rindang. jalan terus menanjak hingga menemui padang rumput. Perjalanan tracking membutuhkan waktu sekitar 15 menit hingga sampai puncak bukit sujud

Di setiap sisi di puncak bukit sujud memberikan pemandangan yang berbeda. Dari sisi selatan kita dapan melihat panorama kabupaten tegal dari ketinggian. Di sebelah utara, nampak gunung slamet yang gagah menjulang tinggi sesekali terselimuti kabut. Di sisi barat dan timur nampak pegunungan yang menjalar ke utara.