Tracking Menuju Bukit Cepu

Bukit Cepu, Salah satu bukit di Desa Batumirah Kec. Bumijawa Kab. Tegal. Bukit ini dahulu pernah dikunjungi oleh Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada penanaman bibit pohon pinus. Memiliki ketinggian sekitar 1420 mdpl membuat udara di tempat ini sangat sejuk. Tempat ini sangat cocok jika anda hobi fotografi.
Untuk menuju Bukit Cepu anda harus mencari jalan menuju OW Guci. Setelah sampai di pertigaan Tuwel, anda harus belok ke kanan. Kemudian setelah melewati jembatan, Anda akan sampai di sebuah pertigaan. Belok ke kanan arah Sirampog / Pabrik Air minum. Lurus terus sampai menemui Gerbang Desa Batumirah. Jangan masuk ke gerbang tetapi mengikuti jalan besar sampai ketemu papan penanda di sebelah kiri. Disini kita dapat menitipkan motor ke warga sekitar. Dari sini kita dapat memulai pendakian ke bukit cepu.

Track pertama adalah jalan setapak bebatuan yang menanjak. Track selanjutnya adalah bambu dan tanah yang sudah dibuat anak tangga. Disini track yang dilalui akan menjadi landai.
 Setelah berjalan cukup singkat. Kita akan menemui jalan ilalang dan makam Syarif Abdurahman.
Untuk mencapai puncak, dari makam kita harus mencari jalan yang menanjak. Tak lama kemudian, Kita akan menemui bangku bangku berjejeran yang terbuat dari bambu. Hati hati, Karena bambu bambu sudah mulai rapuh
Untuk mencapai puncak, Dari sini kita harus menemui pohon pinus yang ditanam oleh SBY. Pohon tersebut dipagar bambu agar tidak rusak. Kemudian, naik melalui jalan setapak yang sudah dipenuhi ilalang. Disini, Puncak Bukit Cepu berada
Di puncak Bukit Cepu, Kita dapat melihat dua bukit hijau yang dipisahkan oleh aliran sungai dan areal perkebunan kentang Desa Batursari dan Desa Sigedong. Jika cuaca cerah tidak berkabut, Kita dapat melihat Puncak Gunung Slamet yang menawan.

Untuk pendakian Bukit Cepu, Memerlukan waktu 10-30 menit tergantung fisik masing masing. Siapkan bekal ekstra dan fisik karena di puncak Bukit Cepu tidak terdapat penjual. Dan satu lagi yang perlu diingat, Bawa turun kembali sampah anda.